Domain Expired – Telat Membayar Perpanjangan Domain

Seminggu yang lalu, salah satu domain saya jatuh tempo pembayaran pada hari Sabtu, Domain ini sudah mempunyai traffic yang lumayan bagi saya antara 500 s/d 1300 unique visitor setiap harinya, untuk recehan rupiah belum seberapa saya dapatkan dari web tersebut kalau dibilang belum apa-apa banget, baru bisa bayar domain tahunan saja, jauh banget kan.

Kembali ke masalah Expired Domain, ceritanya untuk bayar via ATM, kebetulan ATM saya sedang tidak bersahabat semuanya alias pas saldo minimum aja alias nggak bisa bayar lewat ATM, muter-muter aja nich…
intinya kalau bayar lewat ATM nggak bisa gitu… muter lagi….Jadi bayarnya harus lewat transfer lewat Bank. Saya rencanakan Hari Senin…

Hari Minggu besoknya saya lihat web yang domainnya expired itu, walah-walah sudah masuk parking page gitu…, kasihan pembaca yang udah cape-cape googling akhirnya ngedapetin halaman parking page.
Sorry Dorry Morry, saya kira kalau telat 1 atau 2 hari nggak kenapa-napa ternyata untuk masalah ketelatan domain ini akibatnya fatal, domain langsung hilang berpindah ke parking page.

Singkat cerita hari Senin pagi saya transfer via Bank, langsung saya konfirmasi, saya kira lagi web langsung aktif, ternyata tidak langsung aktif, tunggu sekitar 1 s/d 24 jam, wah melar lagi ketidakaktifan domain saya yang expired ini. Normal lagi kira-kira jam 11 malam, tapi besok paginya jam 9, kadang ada kadang hilang, tanya ke supportnya, ini masalah propagasi katanya karena masalah yang expired tersebut, tunggu saja nanti akan normal kembali.

Untuk mengetahui bayangan masalah expired domain ini, dari berbagai sumber saya dapatkan informasi sbb:
( saya dapatkan dari www.simplestrategyonline.com)

expired-domain

Perioda Expired Domain

Apabila sebuah domain memasuki masa expired maka akan masuk ke periode renewal, pada periode ini kita masih bisa memperpanjang nama domain dengan harga normal seperti saya. Lamanya periode renewal ini bervariasi antara 0 – 45 hari. Pada masa ini web atau email mungkin masih bisa berfungsi, tergantung kebijakan Registrarnya, kalau domain saya kebijakannya DNSnya langsung masung parking page. Kalau dalam periode ini akhirnya si empunya domain memperpanjang butuh waktu 24 – 48 jam untuk kembali normal. Kalau domain saya di bawah 24 jam sudah aktif tapi belum normal, setelah 48 jam baru normal penuh.

Setelah perioda renewal, dan jika nama domain belum di back order oleh orang lain, maka nama domain akan masuk ke redemption periode atau sering di sebut ‘restored’. Proses ini biasa disebut domain deletion dan biasanya juga, reseller mengirimkan email pemberitahuan.
(back order adalah pemesanan nama domain sambil menunggu domain tersebut expired)

Pada periode redemption ini, nama domain menjadi milik registrar, biasanya registrar akan berusaha menjual nama domain melalui lelang atau mencari keuntungan dari domain parking.

Customer masih bisa memperpanjang nama domain yang berada pada periode redemption ini, tapi harganya lebih mahal dari harga domain baru, menurut informasi mencapai $250. Harga ini sudah termasuk harga perpanjangan nama domain selama satu tahun. Harga redemption / restore domain bervariasi tergantung akhiran nama domain dan tergantung kebijaksanaan registrar dan reseller nya.

Selain mahal, akan butuh waktu yang cukup panjang, sekitar 5 hari, karena membutuhkan proses manual. Masa redemption ini adalah 30 hari, setelah masa itu, nama domain akan masuk ke masa pending delete selama 5 hari.

Pada masa pending delete, nama domain tidak dapat diperpanjang. Setelah lewat masa pending delete, nama domain akan kembali available di pasaran.

Demikian pengalaman saya mengalami masalah expired domain, Kesimpulannya, kita harus memperpanjang domain sebelum habis masa expirednya, kalau tidak akan mengalami hal seperti saya di atas. Penyedia Domain biasanya jauh-jauh hari sudah menperingatkan akan jatuh temponya masa expired domain, kalau enggak punya uang mulai deh nabung kali pertama mendapat email pemberitahuan perpanjangan domain

This entry was posted on Wednesday, June 27th, 2012 at 7:53 am and is filed under Tips & Trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



3 Responses to “Domain Expired – Telat Membayar Perpanjangan Domain”

  1. chv Says:

    saya telat bayar tiga hari di MWN, tapi materinya saya buat via tokoonline.com
    harga masih sama, kalau dibayar sekarang apa bisa balik normal semua ya mas? atau reset/harus buat lagi..

    Thanks 🙂

  2. admin Says:

    kalau telat masih tiga hari domain belum hangus, coba saja hubungi cs-nya, biasanya kalau pembayaran telat masih beberapa hari, pengaktifan domain menunggu kurang lebih 1 – 3 hari

  3. wallpaper Says:

    pas banget ini gan penjelasannya sesuai dengan masalah yang saya alami sekarang, semoga ini jadi hikmah biar kita lebih maju dan lebih sukses

Leave a Reply

What is 11 + 10 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)