Internet XL Sedang Bermasalah

Sudah sekitar 2 minggu ini di tempat saya (sekarang hari Rabu tanggal 26 Februari 2014) andalan kedua provider saya untuk berinternet yaitu XL sedang bermasalah. Jika saya masukkan modem dengan kartu XL selalu seperti di bawah ini, yang artinya tidak ada sinyal data/internet. Padahal sebelum ini, lima bar atau empat bar sinyal HSPA selalu didapat, kadang bermasalah tetapi tidak terlalu lama seperti kali ini.

edge-XL

Bandingkan dengan sinyal Telkomsel Flash pada saat yang sama:

telkomsel-flash

Kenapa bisa seperti ini ?

Setelah saya cari tahu, ternyata ada masalah sambungan fiber optiknya di salah satu pulau putus, menurut informasi yang saya dapat yaitu di Lampung. Kejadian ini pernah terjadi sama dengan salah satu provider yang lain sebelumnya yaitu SmartFren.

fiber-optik

Fiber Optik untuk Media Transmisi Jaringan Internet

Jaringan dengan menggunakan sambungan fiber optik ya seperti itu, ini kemungkinan bisa terjadi pada provider lainnya, tinggal tunggu waktu saja. Provider yang belum mendapat jatah masalah sambungan fiber optik ini harus berpreventif ria, membuat simulasi jika terjadi masalah seperti ini, membuat cadangan jaringan misalnya, yang jelas akan membutuhkan cost yang tinggi.

Bagi XL pasti membutuhkan biaya recovery yang cukup lumayan, customer seperti saya atau lainnya jelas kecewa, tapi apa yang bisa diperbuat kecuali hanya menunggu saja. Sekarang Telkomsel Flash yang menjadi andalan utama saya, tapi ada kemungkinan suatu saat akan terjadi hal yang sama.

Updated : Jaringan XL sudah normal kembali seperti semula, minggu ke dua Maret 2014

This entry was posted on Wednesday, February 26th, 2014 at 2:54 am and is filed under Internet/blogging. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



Leave a Reply

What is 13 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)