Membuat Rumus Matematika Mudah Dengan Plugin WP QuickLateX Pada WordPress

By | December 31, 2020
Share artikel ini

Sudah lama sebelumnya mungkin 7 tahun yang lalu saya pernah posting bagaimana menulis rumus Matematika di postingan dengan menggunakan plugin WP Latex. Saya coba mempreview postingan tersebut, ternyata tulisan yang ada tidak ada preview rumus matematika yang keluar. Cari permasalahannya, ternmyata permasalahannya adalah plugin WP Latex tersebut sudah tidak aktif lagi. Akhirnya setelah mencari plugin yang support didapatkan plugin WP QuickLateX dimana caranya tinggal deactive plugin WP Latex dan mengaktifkan plugin WP QuickLateX, jadi 11 12 jadinya seperti tulisan di bawah ini yang merupakan tulisan daur ulang dari postingan awal dengan sedikit perubahan .

Sempat bingung bagaimana caranya menulis rumus matematika di blog wordpress menggunakan Latex. Beberapa kali googling tetapi belum ada yang tuntas memberikan pemahaman secara langsung pemakaiannya.

Mudah-mudahan langkah-langkah penulisan rumus matematika menggunakan Latex di bawah ini bisa mudah dimengerti.

Langkah-langkahnya sbb:

1. Download plugin WP QuickLateX di sini 
(Bisa juga dengan menambah plugin baru langsung di dashboard)
2. Aktifkan Plugin WP QuickLateX  ini
3. Contoh kita ingin membuat rumus seperti ini: CodeCogsEqn

 

Tulisan Asli :

Setelah menggunakan plugin WP QuickLaTeX tulisannya seperti ini :

[latex]\int_{3}^{4}(x^{2}+1)~dx[/latex]

Rumus matematika tidak terlihat langsung, tetapi bisa dilihat dengan menekan preview di samping kanan atau di browser langsung.

Mungkin agak susah untuk menulis rumus dalam format latex, tetapi ada web yang dapat membantu untuk mempermudah dalam penulisan formatnya, polanya hampir sama dengan penggunaan dalam mswords, kita bisa mengambil rumus dalam bentuk gif atau mengambil formatnya. Silakan menuju lokasinya di sini

Silakan mencoba dengan menulis rumus-rumus yang lain.

Akhirnya semoga tulisan ini bermanfaat.

Note : Postingan di atas yang Update untuk kondisi sekarang ini, sampai dengan tulisan rumus tersebut bukan berupa rumus, tapi tulisan biasa yang berarti plugin sudah tidak aktif lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *