Membuat Alat Pendingin Laptop Sederhana Agar Laptop dan Modem Tidak Panas

Bermula ketika Laptop saya tiba-tiba layarnya mati secara mendadak, coba dihidupkan kembali malah terdengar beep beberapa kali dan layar tetap hitam. Saya bawa ke teman dan coba dinyalakan, tetap saja tidak berubah, dan teman mengatakan bahwa VGA Cardnya kena, lebih baik dilem biru saja (dilempar beli yang baru saja). Kenapa harus dilem biru seperti itu, karena VGA Card itu menyatu dengan Mother Board sehingga kita harus beli sekalian satu mother board dan harganya tidak jauh selisihnya dengan harga 1 laptop, oh begitu…

Dengan kejadian seperti di atas, saya evaluasi cara pemakaian laptop saya selama ini, hasilnya adalah selama ini saya tidak pernah memakai alat pendingin sehingga laptop panas dan saya tidak menyadari itu dan ada komponen laptop terutama IC (integrated circuit) yang tidak kuat panas terkena, nah itu kesimpulannya.

Belajar dari pengalaman pada saat saya ada rezeki dan bisa beli laptop lagi, saya coba cari cooling pad (alat pendingin) laptop, ternyata kebetulan tidak ada di daerah saya, akhirnya saya coba membuat alat pendingin sederhana sendiri.

Alat-alat yang dibutuhkan :

1. Adaptor dan Kipas

Kipas-dan-Adaptor

Apator dan kipas bisa menggunakan yang bekas-bekas.
Spesifikasi Adaptor dan kipas adalah 12V dan 0.3 A (Kabel + dan – digabungkan)
Harga kipas baru sekitar Rp. 10.000 dan adaptor yang bagus sekitar Rp. 40.000 – 50.000

2. Bekas tutup snack atau lainnya

Tutup-Snack

Berfungsi untuk mengungkit laptop agar tidak kontak langsung dengan meja misalnya. Karena kalau kontak langsung bisa membuat cepat panas sebab tidak ada rongga udara.

Fungsi-tutup-snack

 

Aplikasi pemakaian alat-alat tersebut seperti gambar di bawah ini :

Alat-pendingin-laptop

 

Kelebihan-kelebihan menggunakan alat pendingin seperti ini :

1. Karena ada adaptor maka teganan Kipas berdiri sendiri tidak membebankan ke laptop
2. Membuat dingin Modem dan Laptop itu sendiri (ini tujuan utamanya kan..)

Saran: karena baling-baling kipas terbuka jauhi dari anak-anak di bawah umur 6 th, atau untuk amannya buat penutup kipas dengan tidak mengurangi hembusan angin, desain terserah anda…

Insya Allah Laptop bisa awet…(terbukti laptop saya pakai download + aktif aplikasi software seharian, laptop/modem tidak panas)

This entry was posted on Thursday, April 30th, 2015 at 3:22 am and is filed under Komputer, Tips & Trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



Leave a Reply

What is 8 + 14 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)