Mencari Operator/Provider Internet Tercepat di Indonesia

Suatu saat kita ingin mendownload suatu file yang besaran filenya tanggung di bawah 50 MB, tetapi apa mau dikata ternyata sambungan dari internet dengan menggunakan modem berjalan dengan lambat atau lemot. Kesal tentunya. Kalau kejadian ini sekali-kali dan disaat lain tidak masalah berarti jaringannya sedang bermasalah. Lain hal kalau kejadian lemot ini selalu terjadi, pensiunlah menggunakan provider tersebut.

Awalnya saya senang sekali bisa mendownload file yang besarnya hingga ratusan MB (Mega Byte = 1 Juta Byte) 150 MB sukses, 300 MB sukses, 500 MB sukses, 700 MB sukses. Coba tingkatkan besaran file hingga GB (Giga Byte = 1000 MB), 1 GB sukses, 2.4 GB sukses, terakhir 3 hari yang lalu 4.4 GB sukses.

start download-4 koma 4GB

Awal start download 4.4 GB

Sukses Download- 4 koma 4 GB

Sukses download 4.4 GB

Yang menjadi pertanyaan, bagaimana agar acara mendownload file-file tersebut sukses hingga titik darah penghabisan.

Pengalaman pribadi saya :

1. Cari sambungan operator/provider kecepatan tertinggi dimana jaringannya sudah masuk ke area rumah kita. Tandanya bar koneksi (HSPA – High Speed Packet Access/EVDO-Evolution Data Optimized) minimal 4 bar dan stabil.
Ini sangat menentukan sekali, jangan berharap banyak jika kecepatan download lemot, sudah memakan waktu yang lama dan bisa terputus di tengah jalan.

2. Perhatikan kuota kartu kita, cukup atau tidak dengan jumlah file yang akan didownload.

3.Saat tercepat download adalah dari jam 24.00 hingga jam 9.00 pagi.
Diluar itu masuk kategori busy hour, makanya biaya dari provider/operator pada jam busy hour itu agak mahal.

4. Kalau bisa jangan mengandalkan satu operator, minimal 2 operator, sehingga kita bisa berganti-ganti operator kalau terjadi masalah, dengan cara pause/start, pada saat pause kita ganti koneksi internetnya.

Insya Allah dengan menerapkan ke-4 pengalaman pribadi saya di atas, file berapapun bisa kita download.

Saya pribadi, provider/operator yang menjadi andalan saya adalah Telkomsel dan XL. Posisi nomor 1 adalah Telkomsel dengan telsomsel Flashnya, manteng terus dengan kecepatan MBytenya, download Ratusan Mbyte hitungannya menit, kedua XL, XL lebih murah dari Telkomsel, kecepatan di tempat saya naik turun, tetapi masih lebih bagus dibandingkan dengan provider yang lainnya.

koneksi-Telkomsel-flash

Koneksi Internet Telsomsel Flash

koneksi-XL

Koneksi Internet XL

Terakhir sebagai catatan, di setiap lokasi, kecepatan internet dari suatu provider pasti berbeda-beda, mungkin sudah ada yang tercover dengan jaringan kecepatan tinggi atau ada yang belum (jarak tower dari provider juga mempengaruhi). Kota-kota besar sebagian besar sudah tercover, karena provider pasti mempertimbangkan dengan faktor-faktor tertentu, tidak mungkin provider sudah memasang alat yang sangat mahal tetapi tidak profit, tentunya akan gulung tikar.

Demikian sedikit pengalaman saya dalam mendownload menggunakan provider yang tepat, tidak mahal, cepat dan sukses.

Semoga bermanfaat

This entry was posted on Wednesday, October 16th, 2013 at 10:48 am and is filed under Internet/blogging, Tips & Trik. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



2 Responses to “Mencari Operator/Provider Internet Tercepat di Indonesia”

  1. Pinjam Bumi Says:

    Nah ini dia yang jadi masalah saya sekarang mas. Memilih provider yang tepat sesuai dengan kebutuhan kita. Saat ini saya menggunakan smartfren kalau buka satu atau dua halaman masih enteng, tapi kadang saya harus buka 8 sampai 12 halaman itu cuma untuk satu browser saja. Saya minimal buka 2 browser, mozilla dan chrome dengan jumlah halaman yang dibuka banyak aduh lemotnya.

  2. admin Says:

    Saya juga sebelumnya mengalami hal yang sama, kalau saya online dari jam 12 malam s/d 9 pagi utamanya saya pakai telkomsel bergantian dengan XL, dari jam 9 s/d 12 siang pakai XL, dari jam 12 siang s/d jam 12 malam jatahnya smart untuk buka yang ringan-ringan saja, smart untuk kondisi saat ini tidak bisa diandalkan, lain seperti 2-3 tahun yg lalu, untuk kondisi urgent dari jam 12 siang – 12 malam saya pakai 2 provider andalan saya telkomsel nomor satu dan XL nomor dua. Telkomsel untuk saat ini nggak ada duanya bagi saya dan di daerah saya. tks sudah berkunjung ….

Leave a Reply

What is 2 + 11 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)