Mencari Sambungan/Koneksi Internet GSM/CDMA yang Cepat

Seminggu lalu dari hari ini seperti biasa saya membuka laptop kesayangan saya, saya sayang banget dengan laptop merek “Dell” ini walupun keyboardnya sudah tidak berfungsi lagi karena pernah kemasukan air ketika anak saya bermain game (Circuit di keyboard short karena air). Untuk menggantinya harus diganti satu set yang harganya cukup lumayan, untuk bisa memakainya sementara saya memakai usb keyboard yang harganya cukup murah, maksudnya sementara tetapi sampai sekarang masih tetap menggunakan usb keyboard ini.

Kembali ke judul, setelah membuka laptop, saya colokkan modem CDMA dengan kartu SmartFren, saya sudah menggunakan kartu ini hampir 3 tahun, tapi pada hari tersebut saya kaget kok led/indikator lampu modem tetap berwarna merah karena biasanya tidak lama setelah dicolokkan akan berubah ke warna hijau, saya tunggu beberapa saat tetap tidak berubah, lihat level antenanya tidak ada level, kenapa ini? Ok hari tersebut saya libur berinternet, 2 hari kemudian saya libur juga karena saya menjenguk anak saya yang sudah kehabisan perbekalan/uang di pesantren Husnul Khotimah Kuningan Jawa Barat. Setelah pulang saya coba lagi konek dengan kartu SmartFren ini, ternyata kondisinya tetap sama. Wah! Bagaimana ini pasti SmarFren sedang bermasalah, saya cari kartu CDMA provider lain yang bisa untuk internet, saya pernah coba AHA, hasilnya kurang memuaskan mungkin karena covered areanya yang tidak mendukung. saya coba flexi, bisa tapi lemot, tapi bisalah untuk membuka beberapa situs walaupun harus sabar menunggu loadingnya. Dengan kartu Flexi ini saya cari informasi mengenai kondisi internet smartfren ini, ternyata memang benar sedang mengalami gangguan, yang saya baca ada sambungan fiber optik di Bengkulu mengalami kerusakan, dan juga di beberapa tempat, membutuhkan biaya yang cukup besar untuk recovery masalah ini.

Saya kira ini adalah musibah bagi provider smartfren dan juga musibah bagi pelanggannya, tidak menutup kemungkinan akan terjadi pula bagi provider-provider lain, kebetulan sekarang adalah musibah bagi SmartFren, mudah-mudahan recoverynya akan berjalan cepat dan lancar, sesuai dengan mottonya I Hate Slow.

Nah bagaimana nich dengan nasib pelanggan seperti saya? mau tidak mau harus cari provider lain. CDMA atau GSM ? Bagi saya untuk CDMA tidak ada yang lebih baik dari SmartFren, karena saya sudah coba beberpa provider CDMA yang lain, mungkin setiap orang akan berbeda-beda tergantung dari lokasi daerahnya masing-masing, apakah dekat dengan tower provider tersebut.

Kebetulan saya lihat iklan di media TV ada XL bebas, saya penasaran, jadi ingin mencobanya, saya coba dengan HP sebagai modemnya, ternyata lelet sekali, mungkin kapasitas HP saya yang terbatas, penasaran lagi karena di iklannya dengan mewancarai beberapa orang semuanya puas. Saya coba cari modem GSM, ketemu modem yang harganya murah tetapi mempunyai kapasitas hingga 7,2 Mbps, yaitu Huawei E172. Modem sudah di tangan, saya masukkan kartu dan saya coba… hasilnya benar-benar tidak memalukan…..

Sekali lagi performa suatu produk dari masing-masing provider akan tidak sama tergantung pada lokasi pelanggan masing-masing, dan tulisan ini tidak ada niat menjelek-jelekkan suatu produk, bagi SmartFren adalah musibah yang tidak diinginkan oleh siapapun, saya yakin kedepannya akan menjadi lebih baik.

Di bawah ini adalah oleh-oleh dari saya yang menunjukkan performa dari XL:

  1. Gambar di bawah menunjukkan ketika modem pertamakali dicolokkan (belum connect) , terlihat/tertulis sinyal WCDMA XL (XL kan GSM kok sinyalnya CDMA???)

    Penjelasannya di bawah ini:
    WCDMA adalah singkatan dari Wideband Code Division Multiple Access. WCDMA merupakan teknologi generasi ketiga (3G) untuk GSM biasa juga disebut dengan Universal Mobile Telecommunication System (UMTS). Teknologi ini tidak kompatibel dengan CDMA2000 atau sering disebut juga dengan CDMA saja. Kecepatan WCDMA bisa mencapai 384 kbps dan dimasa akan datang akan meningkat sampai mungkin sekitar 10Mbps.

    Sambungan-Internet-XL - WCDMA XL

  2. Setelah connect sinyal WCDMA akan berubah menjadi High Speed Packet Access (HSPA)

    HSPA (High Speed Packet Access) merupakan induknya dari HSDPA dan HSUPA. HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama, Release 99 (R99). Sehingga HSPA mampu bekerja jauh lebih cepat bila dibandingkan dengan koneksi R99. Terkait jaringan CDMA, HSPA dapat disejajarkan dengan Evolution Data Optimized (EV-DO) yang merupakan perkembangan dari CDMA2000.

    Sambungan-Internet-XL-HSPA

  3. Nah ini adalah contoh kecepatan ketika saya mendownload menggunakan koneksi internet XL ini:

 

Demikianlah pengalaman saya berpindah dari suatu provider yang sedang bermasalah ke provider lain yang kualitasnya cukup bagus bagi saya, untuk SmarFren saya pribadi akan menunggu kapan recovery jaringannya tuntas, dan diharapkan akan berubah menjadi lebih baik lagi.

This entry was posted on Monday, April 29th, 2013 at 4:18 pm and is filed under Internet/blogging. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



Leave a Reply

What is 4 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)