Perbedaan Sederhana Sistem Operasi 32 Bit dan 64 Bit Pada Komputer

Mungkin dalam benak, kita ingin tahu apa sich perbedaan sistem operasi 32 Bit dan 64 Bit pada komputer yang kita pakai? Kalau kita ingin membeli komputer/Laptop mana yang harus kita pilih, yang 32 Bit atau 64 Bit?

32 bit atau 64 bit hubungannya adalah dengan sistem processor atau otak pada komputer yang akan mempengaruhi kecepatan komputer yang didukung oleh memory dengan masing-masing kapasitasnya.

Bit itu apa sich ?

Bit adalah singkatan dari binary digit, ini adalah angka-angka dalam sistem digital di elektronika, angkanya hanya ada 2 yaitu 1 dan 0, 32 digit berarti ada angka 1 atau 0 yang totalnya 32 angka berjejer. Ini juga menandakan kapasitas memori, sehingga kalau 32 bit berarti kapasitas maksimum memorinya adalah 2 pangkat 32 = 2 x 2 x 2 sampai 32 = 4,294,967,295 Byte = 4 Juta Byte = 4 G byte (ingat bit dan byte itu beda, 3 bit berarti 101 atau 011 atau 001 dsb, sedangkan byte adalah satuannya).

Dari keterangan sederhana di atas sebenarnya sudah terjawab, komputer/Laptop mana yang kita butuhkan. Kapasitas memori yang 4 G Byte itu berhubungan dengan RAM (Random Access Memory) pada komputer, 32 bit maksimum RAMnya adalah 4 GB, di atas 4 GB berarti 64 bit, jadi kalau kita hanya memakai software-software yang membutuhkan kapasitas RAM di bawah 4 GB, 32 bit sudah lebih dari cukup..

Kalau anda berkecimpung dalam dunia editing video atau designer yang membutuhkan software-software beresolusi tinggi, pilihannya adalah 64 bit. Bagaimana dengan harga komputer/laptop 32 bit dan 64 bit ini, tentulah harga dengan kapasitas yang lebih tinggi tentu lebih mahal.

Tambahan, kalau sistem operasi 32 bit hanya bisa bekerja di dunia 32 bit saja, beerbeda dengan sistem opersi 64 bit, dia bisa bekerja juga di dunia 32 bit dengan kekurangan-kekurangannya, dan bekerja optimal di dunia 64 bit.

Bagaimana kita mengetahui sistem operasi komputer/laptop kita ?

Sederhana saja :

Klik start – arahkan pada computer kemudian klik kanan – klik pada properties

32-bit-64-bit

akan muncul gambar seperti ini :

sistem-operation

 

ok, semoga bermanfaat

This entry was posted on Monday, October 20th, 2014 at 4:06 am and is filed under Komputer. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



Leave a Reply

What is 5 + 2 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)