Video Cara Mencari FPB dan KPK dengan Cara Biasa

Di bawah ini ada 2 soal tentang FPB dan KPK , soal tersebut saya ambil dari UN SD tahun 2013 (dalam UN yang ditanyakan FPBnya saja). Kalau melihat soal-soal tahun-tahun sebelumnya, soal-soal tentang FPB dan KPK ini selalu keluar 4 hingga 5 soal, cukup lumayan jika semua soal FPB dan KPK ini bisa terjawab dengan benar.

Untuk mencari FPB dan KPK di bawah ini saya menggunakan cara biasa/sederhana. Menurut saya pribadi kuasai dulu cara dasarnya/sederhana baru nantinya terserah menggunakan metoda-metoda extra misalnya metoda super kilat atau super gledek atau super-super yang lain, toh hasilnya akan sama. Kalau bicara tentang kecepatan itu relatif, cara biasapun bisa cepat kalau kita sudah biasa. Dalam UN matematika biasanya soal terdiri dari 40 soal dengan waktu 2 jam, saya kira itu sudah lebih dari cukup, tinggal bagaimana kita memanajemen waktunya. Tidak hanya di UN Matematika SD, di UN Matematika SMP dan SMA pun saya kira sama.

Ok, kembali ke LAPTOP, soal FPB dan KPK nya sbb:

1. FPB dan KPK dari 72 dan 96 adalah…..

2. FPB dan KPK dari 27, 45 dan 63 adalah….

Pembahasannya lihat di Video di bawah ini:

Video Pembahasan Soal 1 :

 

Video Pembahasan Soal 2 :

This entry was posted on Wednesday, February 19th, 2014 at 10:39 am and is filed under Matematika SD, Matematika SMP. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.



One Response to “Video Cara Mencari FPB dan KPK dengan Cara Biasa”

  1. Виктор Says:

    KPK dari beberapa bilangan dapat ditentukan dengan mengalikan semua faktor prima dari bilangan-bilangan tersebut dan dipilih pangkat yang paling tinggi.

Leave a Reply

What is 3 + 7 ?
Please leave these two fields as-is:
IMPORTANT! To be able to proceed, you need to solve the following simple math (so we know that you are a human) :-)